System Informasi Desa – Pelayanan Surat Menyurat Online Desa Kilat cuma 3 menit.

Makin kesini pelayanan makin terkoneksi dengan dunia digital dan komputerisasi. Sehingga sebuah proses pelayanan bisa makin cepat dan efesien. OPENSID adalah sebuah system informasi desa yang dirancang oleh para-para ahli IT yang berkerjasama bahu membahu dalam merancang system yang bisa mempermudah proses pembuatan surat menyurat dan website desa online.

Sampai saat ini opensid telah sampai pada versi 2.9 berbagai penyempurnaan terus dilakukan oleh Pak Edi Ridwan dan kawan2


OpenSID

OpenSID dikembangkan sejak Mei 2016, berlandasan Sistem Informasi Desa (SID) CRI. OpenSID dirancang supaya terbuka dan dapat dikembangkan bersama-sama oleh komunitas peduli SID. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di https://github.com/OpenSID/opensid.

APAKAH SISTEM INFORMASI (SID)?

Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) adalah sistem olah data dan informasi berbasis komputer yang dapat dikelola oleh pemerintah dan komunitas desa dalam dua ranah:

1. Offline
Aplikasi diinstall dalam komputer server di kantor desa dan dioperasikan sebagai server (pusat data) yang bersifat lokal. Karena tidak terhubung ke internet, SID offline hanya bisa diakses dalam jaringan lokal. Sistem offline ini direkomendasikan untuk diterapkan dalam penggunaan aplikasi SID harian. Database dari hasil proses olah data secara offline itu dapat diunggah ke sistem online secara berkala.

2. Online
SID akan optimal jika terhubung ke internet sebagai sistem online berbasis web. SID online akan otomatis berfungsi juga sebagai website desa. Website desa ini memiliki fungsi yang terbagi dalam dua bagian, yakni bagian depan yang bisa diakses oleh publik dan bagian dalam yang hanya bisa diakses oleh administrator sistem.


MANAJEMEN AKSES SID

Aplikasi SID dirancang sejak awal oleh CRI untuk mengelola data dasar desa dan informasi desa. Data dasar yang dikelola meliputi data dasar kependudukan dan data dasar aset/sumber daya desa. Data dasar ini menjadi tanggung jawab pemerintah desa dalam pengelolaannya. Hanya pengguna (user) dari pemerintah desa dan tim yang dikoordinasikan oleh pemerintah desa saja yang akan memiliki kewenangan dan hak akses ke dalam sistem. Sementara, user di luar pemerintah desa hanya akan memiliki akses terbatas pada fungsi olah informasi untuk website desa.

Tingkat user (pengguna) dalam SID:
1. Administrator : adalah orang/tim yang bertanggung jawab penuh atas olah data dan informasi dalam SID dan website desa. Orang/tim ini ditunjuk oleh pemerintah desa disahkan dengan surat keputusan kepala desa.
– Peran olah data : entry, edit, delete data dasar
– Peran olah informasi : tulis, edit, publish artikel website
2. Operator: adalah orang/tim yang bertugas membantu administrator mengelola data dan informasi, tetapi dengan kewenangan yang lebih terbatas.
– Peran olah data : entry, edit data dasar
– Peran olah informasi : tulis, edit artikel website
3. Redaksi: adalah orang/tim yang bertugas sebagai redaksi media website desa dan hanya dapat melakukan olah informasi berupa artikel website.
– Peran olah informasi : tulis, edit artikel

TAHAP MEMBANGUN SID

Bagaimana memulai membangun Sistem Informasi Desa (SID) di desa kita? Caranya sangat mudah, tetapi pasti perlu proses yang harus sabar dan cermat untuk dijalani. Siapa pun Anda, baik perorangan maupun mewakili organisasi/lembaga, dapat mencoba mulai membangun SID di desa masing-masing mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Bentuk tim kerja bersama pemerintah desa
2. Diskusikan basis data apa saja yang diperlukan untuk warga
3. Himpun data kependudukan warga dari Kartu Keluarga (KK)
4. Dapatkan aplikasi softwarenya di https://github.com/OpenSID/OpenSID/releases
5. Install aplikasi software SID di komputer desa
6. Entry data penduduk ke SID
7. Basis data kependudukan sudah bisa dimanfaatkan
8. Diskusikan rencana pengembangan SID sesuai kebutuhan desa
9. Sebarluaskan informasi desa melalui beragam media untuk warga

HAK CIPTA, SYARAT, DAN KETENTUAN

Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) dibangun dan dikembangkan pada awalnya oleh COMBINE Resource Institution sejak tahun 2009. Sistem ini dikelola dengan merujuk pada lisensi GNU General Public License Version 3.
OpenSID dikembangkan sejak Mei 2016, dan bebas untuk dimanfaatkan dan dikembangkan oleh semua desa.

KONTAK DAN INFORMASI

Segala macam informasi OpenSID:
Website resmi OpenSID
Group Facebook, tempat mendapatkan bantuan dan berbagi pengalaman:
Forum Pengguna dan Pegiat OpenSID
Tempat mengunduh rilis OpenSID:
https://github.com/OpenSID/OpenSID/releases
Panduan OpenSID:
https://github.com/OpenSID/OpenSID/wiki
Repository (tempat pengelolaan) OpenSID:
https://github.com/OpenSID/OpenSID
Tempat mendaftarkan masalah dan usulan fitur:
https://github.com/OpenSID/OpenSID/issues
Forum diskusi teknis pengembangan OpenSID:
https://opensid.slack.com

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *